Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Bookmark and Share
Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil - Banyak sekali pilihan makanan yang biasa dikonsumsi sebelum hamil, tapi makanan-makanan tersebut belum tentu bagus dikonsumsi disaat kehamilan. Saat ini yang dipikirkan oleh Ibu hamil yaitu, bagaimana memberikan nutrisi yang sesuai bagi perkrmbangan janin yang dikandung. Banyak sekali jenis makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna, bagi Ibu hamil tidak perlu memakan itu semua, hanya perlu memilih beberapa makanan sehat favorit yang mendukung perkembangan janin Anda. Beberapa makanan sehat di bawah ini bisa Anda pilih sebagai menu pelengkap gizi untuk Ibu dan Bayi yang dikandung.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

1. Kacang-Kacangan
Disepanjang kehamilan saluran pencernaan melambat, Ibu hamil akan beresiko mengalami sembelit dan wasir, serat yang terkandung pada kacang-kacangan dapat meringankan masalah ini.
2. Telur
Banyak sekali manfaat ketika Ibu hamil mengkonsumsi telur. Selain mengandung 12 vitamin dan mineral, telur juga mengandung protein berkualitas yang bermanfaat bagi Ibu hamil. Secara umum telur berguna untuk pertumbuhan bayi, kesehatan otak, mencegah cacat tabung syaraf dan mengembangkan penglihatan
3. Sayuran
Disarankan memasak sayuran dengan daun berwarna hijau tua, karena kandungannya yang bernutrisi, banyak vitamin dan mengandung folat dapat meningkatkan kesehatan mata.
4. Daging Tanpa Lemak
Pisahkan lemak yang menempel pada daging. Daging sangat bagus bagi perkembangan janin yang lebih membutukkan kandungan protein yang berkualitas tinggi seperti dalam daging tanpa lemak.
5. Sayuan Beraneka Warna Dan Buah-Buahan
Perbanyak konsumsi sayuran dengan beraneka warna, serta buah-buahan segar seperti jeruk, pisang, strawberry dll, karena pada buah dan sayur sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh kandungan.
6. Ubi Jalar
Ubi yang tampak berwarna oranye berubah menjadi vitamin A yang sehat saat dikonsumsi Ibu hamil, Ubi juga mengandung vitamin C, serat, dan folat.
7. Popcorn & Biji-bijian
Popcorn yang terbuat dari gandum mengandung banyak serat dan nutrisi, termasuk vitamin E, fitonutrien, dan selenium yang melindungi sel-sel. Begitupula biji-bijian outmeal untuk roti/ gandum.
8. Ikan Salmon
Ikan salmon merupakan sumber Omega-3 lemak dan kandungan merkury yang rendah, sehingga bagus untuk Ibu hamil, selama tidak dikonsumsi secara berlebihan.
9. Walnut
Walnut merupakan sumber nabati yang mengandung Omega-3, yang sangat bagus bagi perkembangan otak bayi Anda.
10. Yoghurt
Yogurt bisa dijadikan makanan favorit selama kehamilan, karena memiliki kandungan protein dan sumber kalsium yang sesuai dalam diet kehamilan. Kegunaan kalsium yang terkandung pada yoghurt akan menjaga kekuatan tulang Ibu hamil, serta menjadikan kerangka yang sehat untuk si jabang bayi.

{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

SamBung Cerita mengatakan...

Makasih ya tipsnya. Oh ya, kalau mau tahu ciri-ciri kehamilan cek disini ya: http://bit.ly/18lenko :)

Posting Komentar